Wednesday, January 12, 2011

Winter Cold

Sudah bulan Januari tahun 2011. Sudah lama sekali saya tidak menulis disini, entah berapa bulan lalu terakhir kali saya posting di blog ini. Well, tidak terlalu banyak yang berbeda. Masih sama, masih di perantauan. Bedanya sekarang sudah semester terakhir program sarjana saya, insyaallah summer tahun ini bisa lulus.

Berbicara tentang merantau, satu topik yang menarik adalah pada saat kita sakit di perantauan. Tidak perlu sakit yang aneh-aneh, yang simpel saja, sebut saja influenza. Di Belanda, untuk bertemu seorang dokter umum (huisart) anda perlu membuat appointment terlebih dahulu. Dan biasanya di musim sakit seperti ini (winter), bila anda menelfon hari ini, niscaya anda akan mendapat giliran baru lima hari sampai satu minggu kedepan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah istirahat, dan minum obat yang dijual bebas. Ada baiknya bila ada kawan atau sanak famili yang bisa mengurus atau paling tidak sedikit memperhatikan. Kalau tidak, ya nikmati sajalah. Bila anda terserang flu di udara dingin, ada kecenderungan untuk recover lebih lama, karena virus memakan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh anda. Bila dibandingkan di negara tropis yang lembab, sepengetahuan saya, saya lebih cepat sembuh (walaupun tidak selalu).

Walhasil, harus bed rest di rumah. Walaupun tugas kuliah juga tidak sedikit yang harus diselesaikan. Tapi tak apa. Posting ini bukanlah suatu bentuk keluhan, banyak hikmah yang bisa diambil dari sakit. Dengan sakit, kita jadi bisa lebih menghargai nikmat sehat. Lalu katanya itu salah satu cara menghapus dosa, dan juga menumbuhkan empati terhadap kekurangan orang lain.

Suhu udara di Amsterdam dilaporkan lima derajat celcius hari ini, hujan gerimis hampir sepanjang hari diiringi angin yang bertiup cukup tidak santai. Buat semua teman-teman yang sedang menempuh ujian, selamat belajar dan semoga sukses ujiannya. Tak lupa saya berdoa untuk kawan-kawan di Brisbane, Australia yang sedang dilanja banjir. Semoga kalian semua tetap berada dalam lindungan-Nya.


Amstelveen, 12012011

No comments:

Post a Comment